Festival Palangka Raya Ajang Pelestarian Seni Budaya Dan Kearifan Lokal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Festival Palangka Raya tahun 2023 bakal digelar. Berbagai lomba seni budaya dan kearifan lokal akan menghiasi festival tersebut nantinya.

“Kami sudah menyurati seluruh lurah yang ada di Kecamatan Pahandut, untuk mempersiapkan perwakilan guna mengikuti ajang lomba pada festival itu yang digelar 2-4 Mei 2023 mendatang,” ungkap Camat Pahandut Kota Palangka Raya, Berlianto, Jumat (10/3/2023).

Digelarnya festival itu lanjut camat, tentu bertujuan untuk menggerakkan partisipasi aktif bersama dalam melestarikan seni budaya dan kearifan lokal di Kalimantan Tengah pada umumnya, dan Kota Palangka Raya pada khususnya.

“Kami berharap perwakilan dari seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Pahandut ikut serta dalam ajang festival tersebut. Paling lambat pendaftaran di tingkat kecamatan pada tanggal 18 April 2023,” tambahnya.

Disebutkan, ada 15 mata lomba yang digelar pada Festival Palangka Raya tahun 2023. Di antaranya lomba Jukung Tradisional, Besei Kambe, Habayang, Sepak Sawut, tari daerah dan Mangenta.

Berikutnya ada lomba Karungut (kategori putra/putri), Balogo (kategori putra/putri), Malamang, Lawang Sakepeng (kategori putra/putri), lomba lagu daerah (kategori vokal group putra/putri). Selanjutnya ada lomba Maneweng Manetek Manyila Kayu, Manyipet, Mangaruhi dan lomba masak Sukup Simpan.

“Festival ini selain sebagai sarana untuk melestarikan seni budaya dan kearifan lokal, juga menjadi sarana memperkuat persatuan dan tali silaturahmi. Sekaligus ajang promosi kepariwisataan, baik dalam negeri maupun luar negeri,” pungkas Berlianto. (MC. Kota Palangka Raya.1/nd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *