EVAKUASI WARGA YANG TERDAMPAK BANJIR DI WILAYAH KOTA PALANGKA RAYA

Meningkatnya curah hujan akhir-akhir ini mengakibatkan meluapnya sungai kahayan yang berdampak terendamnya rumah warga yang berada di sekitar pinggiran sungai tersebut. Kedalamannya bisa mencapai 1 meter lebih  atau sepinggang orang dewasa seperti yang terjadi di Jalan Kalimantan gang gembira RT.01/RW.XVI Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya (senin/15/11/2021).

Petugas saat melakukan pendataan di jalan kalimantan gang gembira (Dok.Pol PP/2021).

Satpol PP Kota Palangka Raya yang dipimpin oleh Kabid Bidang Perlindungan Masyarakat, H. Muhamad Irwan, S. Sos. melakukan pemantauan lokasi yang terdampak banjir, pengecekan/pendataan posko darurat bencana banjir serta melakukan evakuasi terhadap warga yang sakit/lumpuh untuk di bawa ke posko terdekat (respon cepat berdasarkan informasi dari warga yang melapor).

Evakuasi warga yang sakit/stroke (Dol.Pol PP/2021).

Adapun 5 Kecamatan di Kota Palangka Raya yang terdampak banjir tersebut, yaitu:
1. Kecamatan Pahandut, meliputi: Kelurahan Pahandut, Kelurahan Pahandut Seberang, Kelurahan Langkai, Kelurahan Tumbang Rungan dan Kelurahan Tanjung Pinang.
2. Kecamatan Jekan Raya, meliputi: Kelurahan Palangka dan Kelurahan Petuk Ketimpun.
3. Kecamatan Sabangau, meliputi: Kelurahan Kalampangan, Kelurahan Bereng Bengkel, Kelurahan Danau Tundai, Kelurahan Kameloh Baru.
4. Kecamatan Bukit Batu, meliputi: Kelurahan Tangkiling, Kelurahan Banturung, Kelurahan Tumbang Tahai, Kelurahan Marang dan Kelurahan Sei Gohong.
5. Kecamatan Rakumpit, meliputi: Kelurahan Bukit Sua, Kelurahan Gaung Baru, Kelurahan Panjehang, Kelurahan Mungku Baru, Petuk Barunai, Petuk Bukit dan Pager.

Petugas saat mengevakuasi warga korban banjir (Dok. Pol PP/2021).

Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa intensitas hujan akan terjadi di beberapa tempat sampai 2 (dua) pekan kedepan, maka dari itu kami menghimbau kepada warga masyarakat Kota Palangka Raya untuk selalu waspada.

Dokumentasi :

 


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *