Empat Sekolah di Palangka Raya Dipilih Selenggarakan UN Perbaikan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan kebijakan untuk memperbaiki nilai ujian nasional (UN) kepada para anak didik yang belum memperoleh nilai standar 5,5.

Kebijakan ini langsung direspon dinas pendidikan diseluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah. Di Kota Palangka Raya, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah telah menunjuk empat sekolah untuk menyelanggarakan UN perbaikan.

Empat sekolah ini SMAN 5 Palangka Raya, SMKN 1 Palangka Raya, SMKN 3 Palangka Raya, dan MAN Palangka Raya. Khusus di Palangka Raya, UN perbaikan ini dimulai, Kamis (12/10/2017). Di SMAN 5 Palangka Raya, para siswa sangat serius mengikuti UNP ini.

Para siswa yang mengikuti UNP ini merupakan anak didik dari berbagai sekolah dan daerah, bahkan sebagian sudah ada yang menjadi mahasiswa. Mereka merupakan lulusan SMA tahun 2014, 2015, 2016, dan 2017 yang perlu memperbaiki nilai UN yang belum lulus. 

Di SMAN 5 Palangka Raya ada 21 peserta yang mengikuti UNP terdiri dari 19 siswa lulusan SMA dan 2 siswa lulusan Paket C. “UNP ini sifatnya tidak wajib. Hanya siswa yang merasa perlu memperbaiki nilai bisa mengikuti UNP ini,” kata Endar Sulistiyo dan Yuyun Henddarti, teknisi dan proktor yang bertugas di laboratorium komputer.

Dia menjelaskan motivasi mengikuti UNP ini mungkin karena mereka ingin memperbaiki nilai UN agar mencapai atau di atas standar atau karena memang disyaratkan oleh perguruan tinggi yang telah menerimanya.

Adapun mata pelajaran yang diulang bervariasi, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, fisika, kimia, dan biologi. Peserta hanya mengikuti UNP untuk mata pelajaran yang tidak lulus waktu UN.

Sementara itu Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs Arbusin sangat bersyukur karena tahun ini sekolahnya kembali mendapatkan kepercayaan ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara UNP seperti tahun lalu. Dia senang pelaksanaan UNP selama tiga hari, 10—12 Oktober 2017 ini telah berjalan lancar.

“Alhamdulillah UNP di sekolah ini berjalan lancar. Kami yakin semua peserta yang berasal dari berbagai sekolah dan daerah yang sudah mengikuti UNP dengan baik hasilnya nanti akan lebih baik daripada nilai UN,” tegasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan