Durian Musiman Marak Dijual di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Buah durian musiman kembali marak dijual di seputaran Kota Palangka Raya. Buah yang dinilai memiliki cita rasa sekaligus harga per biji cukup tinggi tersebut, tentunya akan membuat lidah para pencinta buah berduri itu dimanjakan.

Para penjual buah durian terlihat ada dipingir-pinggir jalan umum. Seperti di Jalan Yos Sudarso, Jalan Rajawali, Jalan Diponegoro, Jalan Tjilik Riwut, jalan G Obos dan seputaran pasar tradisional Palangka Raya.

Ando, penjual durian mengaku mendatangkan buah musiman tersebut dari wilayah Kasongan Kabupaten Katingan, yang sebagian merupakan hasil kebunnya dan sebagian lagi dibelinya langsung dari kebun durian lainnya.

“Buah durian ini, selain dijual di Palangka Raya, sebagian lagi di jual ke Sampit-Kotawaringin Timur,”ungkapnya, Minggu (8/7/2018). 

Menurutnya, musim durian kali ini adalah hasil panen yang kedua kalinya dalam satu tahun. “Bersyukur untuk tahun ini hasil kebun durian bisa dua kali panen,”tuturnya.

Disebutkan per biji buah durian tersebut dihargai dengan bervariasi, tergantung tingkat kesegaran. Misalkan kalau buah baru jatuh dari pohon harga jualnya cukup tinggi. Selain itu ukuran besar dan kecil juga menentukan harga jual buah durian.

“Harga mulai dari Rp25 ribu sampai dengan kisaran Rp50 ribu. Namun tetap mempertimbangkan harga tawar menawar pas,” ucapnya.

Sementara itu, Topan pencinta buah berkulit duri itu mengaku menyukai rasa durian yang didatangkan dari wilayah Kasongan. Pasalnya kata dia, varietas atau jenis durian dari Kasongan memiliki keunggulan rasa tersendiri.

Untuk bisa lebih meningkatkan pendapatan dari penjualan buah musiman ini katanya, kita bisa juga membuat dodol durian, yang disebut masyarakat kalteng Lempok, khusus daging buahnya tidak ditambah bahan lain, dan juga bisa dibuat Tempoyak, yakni daging buah durian diawetkan dengan diberi garam, atau difermentasikan. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan