Dua Tahun Terakhir 27 Prestasi Diraih Disbudpar Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, mencatat 27 prestasi mampu diraih dinas tersebut selama kurun waktu dua tahun terakhir. Prestasi itu dicapai pada berbagai event. Baik event tingkat Provinsi Kalteng, regional  hingga tingkat nasional.

Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan menyebutkan,  capaian tersebut mampu diraih dinasnya bersama dengan mitra kerjanya. Seperti para duta wisata dan seni yang  sebagian besar mewakili Kalteng diajang tingkat nasional.

“Sepanjang tahun 2017-2018 bisa dibilang Disbudpar Kalteng bersama mitra kerja dan duta seni budaya telah mampu memiliki prestasi cukup baik. Terutama menyangkut event  kepariwisataan yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI,” ungkapnya, Rabu (30/1/2018).

Guntur merincikan untuk tahun 2017, setidaknya ada 10 capaian prestasi yang diraih. Antara lain karya tulis lawatan sejarah tingkat nasional, lomba karya tulis lawatan sejarah tingkat nasional,  pawai takbir Idul Firi. Lalu, event karawitan muda nasional.

“Ditahun 2017, Disbudpar Kalteng juga mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk karya budaya tahunan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia,” sebut Guntur.

Masih di tahun 2017 lanjut dia, event seperti putri pariwisata Indonesia  juga meraih hasil memuaskan. Kemudian prestasi lain juga didapat pada lomba Karya penyaji tari tradisi dan kreasi  tradisi nusantara, lalu festival tari nusantara, selanjutnya prestasi di ajang panggung merah putih nusantara,  expo dan forum model search, duta wisata nasional hingga prestasi parade lagu daerah ke-34 gita permata nusantara.

Sedangkan di tahun 2018 ini,  lanjut  Guntur setidaknya ada 17 prestasi diraih. Seperti pada event putri Indonesia se Kalimantan, kemudian event icon Indonesia face model lamatopo. Selanjutnya event festival kuliner khas nusantara, event festival pesona Borneo II, event tari nusantara, event mister internasional junior, event model internasional junior. Kemudian event parade tari nusantara, event koreografi muda Indonesia, gelaran komisi informasi se Kalteng, event konser karawitan anak nasional, event duta wisata tingkat nasional ke 13. Lalu ada penghargaan destinasi wisata berkelanjutan tingkat nasional, festival kuliner  nusantara, parade lagu daerah ke 35, event peringatan hari ibu nasional dan event pada ajang komite perdamaian dunia.

“Ini merupakan suatu prestasi yang menggembirakan, pasalnya di  dua tahun terakhir Kalteng  justru mendapatkan banyak prestasi dari ajang tingkat regional dan tingkat nasional,” ujar Guntur.

Oleh karena itu tambah dia, capaian tersebut setidaknya menjadi upaya Disbudpar Kalteng untuk melakukan perencanaan seni dan budaya serta kepariwisataan Kalteng  agar lebih baik lagi kedepannya.  

“Terpenting, prestasi ini dapat  memberikan dampak yang luas terhadap dunia kepariwisataan di Kalteng terutama di tahun 2019 ini,” demikian kata Guntur. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan