DPRD Tanah Bumbu Pelajari Pengembalian Aset PMA dan PMDN ke Pemko Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sembilan Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kaji banding ke Pemerintah Kota Palangka Raya, Senin (20/11/2017).
 
Dalam kunjungan kerja yang ke-3 kalinya ini mereka diterima oleh Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio di Ruang Peteng Karuhei I pukul 14.00 WIB.
 
Dalam pertemuan ini wakil walikota juga ditemani Plt Asisten I Setda Kota Palangka Raya Ikhwansyah, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya Gunawan Abel, dan Staf Ahli Walikota Palangka Raya Benhurd Pangaribuan.
 
Sedangkan dari legislatif dihadiri Ketua Komisi I DPRD Kota Palangka Raya Beta Syailendra dan Sekretaris DPRD Kota Palangka Raya Sitti Masmah, serta Bagian Aset Setda Kota Palangka Raya.
 
Adapun tujuan studi banding yang ke-3 kalinya ini anggota DPRD Tanah Bumbu ingin belajar mengenai mekenisme pengembalian aset milik PMA, PMADN, dan BUMN ke pemerintah daerah.
 
Rupanya selama ini Pemerintah Kota Palangka Raya belum pernah ada melakukan pengembalian aset milik PMA, PMDAN, dan BUMN. Namun menurut Mofit Saptono kalau menerima hibah aset dari luar negeri untuk Pemko Palangka Raya sudah pernah ada yaitu hibah 4 mobil pemadam dan satu mobil ambulance dari Jepang.
 
Meski hibah, namun menurut Mofit untuk mendapatkan hibah atau pemberian dari luar negeri tersebut tidak mudah, karena sesuai aturan harus melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri, sebab sifatnya antara negara dengan negara.
 
Sementara itu ibu Andri dari Bagian Aset Setda Kota Palangka Raya menambahkan hingga saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya belum pernah menerima sumber daya atau aset dari PMA dan PMDN.
 
“Tapi jika pun nanti ada akan kami urus sesuai mekanisme yang berlaku, karena ada administrasi yang harus ditaati, apalagi kalau menyangkut masalah aset PMA harus melalui sidang arbitrase yang melibatkan kementerian, baru bisa kita miliki,” ucapnya. (Mc.Isen Mulang/ engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan