DPRD Palangka Raya Kaji Banding Raperda ke DPRD Daerah Tetangga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota DPRD Kota Palangka Raya melaksanakan studi banding ke DPRD di Provinsi Kalimantan Selatan, yakni DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) dan DPRD Kota Banjarbaru. Kegiatan kaji banding itu adalah terkait pendalaman salah satu raperda inisiatif DPRD Palangka Raya yang diajukan sebelumnya. 

Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraeni membenarkan kegiatan kaji banding tersebut. Dimana menurutnya, setelah mengajukan tiga buah raperda inisiatif dalam rapat paripurna DPRD Kota Palangka Raya, anggota DPRD Kota Palangka Raya langsung melakukan kaji banding.

“Kaji banding ke DPRD Kabupaten Tanah Laut dan DPRD Kota Banjarbaru adalah sebagai studi referensi pembanding bagi DPRD Kota Palangka Raya, terkhusus untuk raperda inisiatif tentang penyelenggaraan pendidikan,” ungkapnya, Minggu (21/10/2018).

Kata Nia, pihaknya memerlukan referensi tambahan dari DPRD di daerah tetangga tersebut, terutama tentang bagaimana serta apa saja materi yang dituangkan dalam raperda terkait dengan pendidikan formal maupun non formal.

Terlebih jelasnya,  jika berkaca dari implementasi amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang secara eksplisit membagi kewenangan provinsi dan kabupaten/kota terhadap urusan pemerintahan dibidang pendidikan. 

“Dengan adanya kaji banding bersama tentu akan menambah kajian dasar. Sehingga ketika produk perda yang dihasilkan akan berjalan efektif dan sesuai dengan amanat perundang-undangan yang lebih tinggi,” cetusnya.

Dari kaji banding tersebut ucap Nia, pihaknya banyak mendapatkan masukan sebagai tambahan referensi. Seperti Kabupaten Tanah Laut yang saat ini memiliki terobosan baru dibidang pendidikan, yakni program “Beasiswa Cangkal” untuk membantu anak-anak kurang mampu namun berprestasi. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan