DPRD Malang Melakukan Kunjungan Kerja ke Balitbang Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Malang, Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (19/2/2018).

Di Kota Cantik ini yang dituju rombongan DPRD Kabupaten Malang adalah Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 5.

Kunjungan kerja yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Kholiq dan didamping Yulianti Budhi Kuntari, Sekretaris Balitbang Malang ini diterima oleh Barit Rayanto, Kepala Balitbang Palangka Raya.

Barit juga didampingi Sekretaris Balitbang Kota Palangka Raya, Seth Ajang, Kabid Sosial dan Pemerintahan Endang Suriani, Kabid Ekonomi dan Pembangunan EC Jago, Kabid Inovasi dan Teknologi Januardi dan Fungsional Peneliti, Pajar Yanto. 

Dalam pertemuan itu Barit menjelaskan secara singkat mengenai gambaran umum Palangka Raya, memaparkan sejarah singkat berdirinya Balitbang Kota Palangka Raya, dan memaparkan program yang akan dilaksanakan.

Barit mengatakan Balitbang Palangka Raya dibentuk untuk mendalami lagi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan semua pengkajian nantinya ada di Litbang.

“Balitbang hadir untuk mengembangkan program pemerintah daerah sesuai visi misi walikota,” ujarnya. Kemudian peran Balitbang sebagai lembaga profesional bersifat akademis dan fleksibel, sehingga bisa memasuki ruang kerja lintas sektor.

Kemudian program penguatan kelembagaan Balitbang adalah mengembangkan kerjasama kelitbangan, memperkuat kelembagaan BPP dengan menambah sumber daya manusia melewati tersedianya jabatan fungsional peneliti dan pada 2018 ini ditarget sudah mempunyai lima orang peneliti.

Kemudian Balitbang Palangka Raya akan mengoptimalkan peran dan fungsi BPP sebagai dapur kebijakan, memantapkan hubungan kelembagaan BPP secara berjenjang, memantapkan penyelenggaraan kelitbangan model satu pintu, dan mengadakan rapat koordinasi kelitbangan secara berjenjang.

“Ke depannya rencana aksi Balitbang Kota Palangka Raya yakni melakukan kajian yang dilakukan untuk capaian pembangunan kota dibidang pariwisata dan melakukan kajian untuk pemetaan terhadap ketahanan pangan dibidang pertanian,” tutur Barit. 

Rencananya Balitbang Kota Palangka Raya juga akan melakukan pembangunan taman sains yang merupakan salah satu output kerjasama dan studi banding dengan Litbang Kabupaten Malang ini. 

“Realisasinya adalah kerja sama dengan petani pemilik kebun milik bapak Slamet yang sekarang lahannya sudah menghasilkan buah jambu sukun kristal, buah lengkeng dan buah pepaya kalifornia,” tandasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan