DPRD Balangan Belajar Jaminan Kesehatan Semesta ke Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota DPRD Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kaji banding ke DPRD Kota Palangka Raya, Kamis (31/1/2019).

Wakil rakyat dari provinsi tetangga ini belajar tentang universal health coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.

Dalam penjelasannya, Mukarramah mengatakan sampai saat ini Kota Palangka Raya belum UHC, karena untuk mencapai target tersebut harus didukung anggaran cukup besar serta peraturan daerah.

“Sampai Januari 2019 ini baru sekitar 88 persen masyarakat Kota Palangka Raya yang menjadi peserta BPJS Kesehatan, sedangkan untuk bisa mencapai UHC harus di atas 95 persen,” sebutnya.

Di sisi lain Mukarramah menambahkan Pemerintah Palangka Raya menargetkan 40 ribu penerima bantuan iuran (PBI), namun sampai 2019 ini baru tercapai sekitar 33 ribu.

Adapun kendala yang dihadapi yakni masih banyaknya peserta BPJS dari jalur mandiri yang menunggak, sehingga data mereka tidak bisa dialihkan menjadi peserta PBI.

Dalam studi banding ini anggota DPRD Balangan diterima Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah dan anggota serta jajaran Dinas Pengeloa Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Palangka Raya.(MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan