DPKP Kota Palangka Raya Gencar Lakukan Vaksinasi PMK Menjelang Iduladha

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam upaya menjaga kesehatan ternak, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya gencar melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan, dan Pemasaran pada DPKP Kota Palangka Raya, Ganjar Priyatno, mengungkapkan bahwa setiap sapi baru yang masuk ke wilayah Kota Palangka Raya langsung diberikan vaksin PMK.

“Vaksinasi PMK dilakukan secara berkala untuk mencegah penyebaran penyakit yang dapat merugikan peternak dan masyarakat. Kami juga melakukan monitoring terhadap kondisi kesehatan ternak secara keseluruhan guna mendeteksi dini potensi penyebaran penyakit,” kata Ganjar, Senin (10/6/2024).

DPKP bekerja sama dengan Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) setempat untuk menyelenggarakan program vaksinasi yang efektif dan menyeluruh. Selain itu, peternak juga diberikan edukasi mengenai pentingnya vaksinasi dan langkah-langkah pencegahan penyakit ternak lainnya.

Ganjar mengajak seluruh peternak untuk aktif dalam memantau kesehatan ternak mereka dan melaporkan ke Puskeswan apabila terdapat gejala-gejala penyakit yang mencurigakan.

Menurutnya, kerja sama antara peternak, DPKP, dan Puskeswan sangat penting untuk menjaga kesehatan ternak dan keberhasilan program vaksinasi.

“Dengan langkah-langkah pengawasan dan vaksinasi ini diharapkan masyarakat Kota Palangka Raya dapat merayakan Hari Raya Iduladha dengan hewan kurban yang sehat dan berkualitas,” tutupnya. (MC. Kota Palangka Raya/Nitra/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *