Dorong Minat Baca Anak Lewat Perpusling

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perpustakaan merupakan salah satu sarana sumber pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa, dimana perpustakaan memberikan konstribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan.

Ungkapan itu disampaikan Sekretaris Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah, saat dikonfirmasi, Jum’at (7/6/2019).

Menurut Uwah begitu Rusdianyah akrab disapa, keberadaan perpustakaan yang di laksanakan oleh pemerintah sejatinya memiliki program kuat sebagai wadah memberikan data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar ilmu pengetahuan.

Namun sayangnya kata dia, peran penting perpustakaan, tidak sepenuhnya mampu dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama bagi anak-anak yang berada di wilayah pinggiran dan terluar dari sebuah kota.

Seperti halnya keberadaan perpustakaan di Kota Palangka Raya, seharusnya kata Uwah bisa dimaksimalkan kembali, sebut saja melalui armada. perpustakaan keliling (Perpusling) .

“Perpusling bisa digiatkan lagi, dengan sasaran taman bermain anak hingga daerah jauh dari kota. Ini demi meningkatkan minat baca terutama bagi anak-anak generasi penerus,” cetusnya.

Harus disadari lanjut Uwah, arus informasi menjadi kebutuhan bagi semua masyarakat. Kebutuhan informasi akan dirasakan terus menerus meningkat, seiring dengan rasa ingin tahu akan informasi itu.

Karena itulah kata dia, dengan memaksimalkan perpusling yang mampu menjangkau daerah-daerah pelosok dan sasaran lain, maka kesenjangan antara daerah pusat kota dan luar kota bisa perlahan-lahan dihilangkan.

“Apabila perpusling benar-benar mampu dimanfaatkan oleh masyarakat, maka akan berdampak positif dalam meningkatkan minat baca untuk generasi penerus kita,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan