Dorong Kampus Dongkrak SDM Pariwisata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Syahruddin, mendorong agar dunia kampus perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Kalteng mampu mendongkrak SDM di bidang pariwisata secara simultan.

Hal tersebut disampaikan Syahruddin saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran pada acara pelatihan dasar SDM kepariwisataan “Goes To Campus” yang digagas Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Rabu (9/5/2018), di Aula Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Berbicara pengetahuan dan kualitas SDM kepariwisataan saat ini kata Syahruddin, sangat diperlukan pemerintah daerah mengingat banyaknya destinasi pariwisata yang dimiliki.

Terlebih hal tersebut sejalan dengan instruksi Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan, agar setiap daerah mampu memberikan penguatan, pengetahuan dan pemahaman kepariwisataan kepada setiap komponennya, termasuk generasi muda dalam hal ini dilingkungan kampus.

Program untuk menciptakan SDM pariwisata yang berkualitas dan profesional sangat penting. Terlebih Kalteng memiliki berbagai destinasi kepariwisataan, seperti wisata alam, wisata pendidikan hingga wisata religi yang harus didukung SDM yang berkompetensi.

“Kita menginginkan kampus mampu menangkap hal tersebut, dengan menggugah kesadaran generasi muda sebagai agen yang dapat mempromosikan wisata,”cetus Syahruddin.

Dalam bagian yang sama Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas SDM pariwisata, melalui pelatihan ke berbagai kampus perguruan tinggi, sehingga melahirkan SDM pariwisata yang bersifat global.

Menurutnya, kepariwisataan Kalteng saat ini memerlukan SDM dari dunia kampus, dalam hal ini mahasiswa untuk dapat menggali bidang pariwisata. SDM yang didapat itu nantinya dapat dimanfaatkan saat menyambut wisatawan mancanegara  (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).” Generasi muda dapat menjadi ujung tombak dalam mengembangkan pariwisata di Kalteng, sehingga Kalteng bisa lebih berkah,”tutur Guntur.

Adapun kegiatan yang bertajuk goes to campus yang digelar Disbudpar Kalteng tersebut diikuti ratusan mahasiswa dari perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan