DLH Sepakat Status Karhutla Ditingkatkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Yusran sepakat jika saat ini status kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ditingkatkan.

Saat ini status Karhutla di Palangka Raya masih biasa, karena sudah ada beberapa wilayah kelurahan terjadi kebakaran lahan yang dilakukan dengan sengaja.

Yusran mengatakan dengan ditingkatkannya status Karhutla misal siaga atau siaga darurat, maka hal itu sebagai upaya pemerintah daerah melakukan pencegahan.

Harapannya kasus Karhutla bisa diminimalisasi, apalagi tahun ini risiko Karhutla cukup berpotensi terjadi, karena musim kemarau akan berlangsung lama.

Di sisi lain DLH memastikan saat ini kondisi cuaca di wilayah Kota Palangka Raya relatif aman, karena particulate matter (PM) masih di bawah 10, sehingga aman untuk kesehatan.

Meski begitu DLH tidak bisa menjamin kondisi PM ini apakah tetap akan baik karena kondisi cuaca untuk beberapa Minggu atau bulan ke depan belum bisa diketahui setelah memasuki musim kemarau. (MC. Isen Mulang)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan