DKISP Diminta Loby Provider Buat Program CSR di Kawasan Kumuh Mendawai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengharapkan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Palangka Raya bisa melobi provider untuk membuat program di kawasan kumuh Mendawai.

Harapan ini disampaikan Hera kepada Kepala DKISP Kota Palangka Raya, Murni saat memimpin rapat kerja SOPD dan kunjungan kerja prioritas pilot project penanganan kawasan kumuh Mendawai di SDN 14 Palangka, 
Kamis (8/2/2018).

Hera mencontohkan program yang bisa dilobi ke para penyedia layanan telekomunikasi tersebut misalnya program binaan wilayah oleh provider di luar program resmi mereka seperti corporate social responsibility (CSR).

“Misalnya di daerah lain ada desa binaan Telkomsel, nah program seperti inilah yang kita usahakan agar ada juga di Palangka Raya,” sarannya.

Saran Hera ini langsung direspon positif oleh Murni. “Kalau CSR sudah aturan bakunya bu, tapi kami akan melakukan koordinasi bagaimana agar di luar CSR ada program provider yang bisa masuk secara riil untuk suatu kawasan,” jawab Murni.

Murni menjelaskan jika dilihat dari segi komunikasi, wilayah Mendawai sudah baik, dimana sinyal jaringan sangat bagus. Sementara dari segi informatika di wilayah Mendawai juga sudah berjalan meski data mengenai Kominfo ada pada provider.

Sementara itu untuk fungsi statistik, baru satu tahun terbentuk. Pada 2016 fungsi statistik masih gabung dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mengkaji, mendata, dan menerbitkan buku statistik. Namun mulai 2018 ini statistik sektoral sudah dilepas oleh BPS melalui MoU.

Sehingga dengan demikian DKISP bisa fokus menangani wilayah Mendawai guna mengetahui aspek apa saja yang akan didata agar bisa dimasukkan ke Palangka Raya dalam angka. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan