Disperindag Sosialisasikan Toko Online Si Boncil

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban bersama Kasi Bina Usaha Pemasaran Promosi dan Pendaftaran Perusahaan, Hadriansyah mensosialisasikan program Si Boncil Usaha Kecil (Sistem Informasi Belanja Online).

Sosialisasi ini dilakukan di ruang Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Selasa (20/6/2017) pukul 13.30 WIB. Ikut hadir Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP), Murni dan Wawan Wiraadmaja selaku nara sumber sekaligus programer Si Boncil.

Sosialisasi juga dihadiri dari pihak perbankan, gerai toko modern seperti Alfamart, Indomaret, Footmart, dan Hypermart, Paguyuban UMKM Akunmandiri, Paguyuban UMKM Gerai Toko, termasuk perwakilan jasa ekspedisi dari PT JNE dan PT Pos Indonesia.

Prakarsa Si Boncil ini adalah Kasi Bina Usaha Hadriansyah. Program toko online ini sengaja dirancang sebagai proyek perubahan yakni syarat mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV. Melalui Si Boncil ini untuk memasarkan produk lokal olahan para UMKM.

Kepala Disperindag Kota Palangka Raya Aratuni Djaban sangat mengapresiasi ide kratif Si Boncil dari Hadriansyah ini. Dia berharap ide cemerlang ini bisa ditiru para aparatur sipil negara (ASN) yang lainnya.

Aratuni menyebut Si Boncil ini adalah istilah baru untuk toko online. Jika saat ini sudah ada toko online yang sudah populer seperti Buka Lapak dan lainnya, tapi munculnya Si Boncil ini khusus mempromosikan produk UMKM lokal.

“Program ini merupakan lompatan besar dan saya pribadi sangat tersanjung dengan Si Boncil ini. Toko online ini akan besar dan berkembang jika ada network,” sebutnya.

Sementara itu Kepala DKISP Palangka Raya, Murni menyebut saat ini tidak banyak toko online yang mau menjual produk dari UMKM, sehingga dengan adanya Si Boncil ini diharapkan produk lokal bisa dipasarkan secara luas.

Jika nanti Si Boncil sudah mengudara di dunia maya, pihaknya mengharapkan perlu dilakukan identifikasi dan verifikasi produk lokal apa saja yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Palangka Raya yang bisa dipasarkan lewat toko online ini.

Pada prinsipnya DKISP siap mendampingi dan mengawal agar proyek Si Boncil ini lancar dan segera bisa diakses oleh seluruh warga di dunia maya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan