Disperindag Se-Kalteng Bahas Isu Strategis

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Dinas  Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan rapat koordinasi dan sinkronisasi program perindustrian dan perdagangan se- kalimantan tengah 2018, Senin (12/3), di Ballroom Aquarius Hotel.

Acara ini dihadiri Plt. Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Kepala Dinas Perdagangan dan Peridustrian (Disperindag) Provinsi Kalteng, H. Katma F Dirun, serta kepala Disperindag se kabupaten/kota se-Kalteng.

Rakor ini juga mengundang narsumber dari Sesditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Syailendra dan Kasubbag Program Ditjen IKM Kementerian Perindustrian RI, Edi Suhendra.

Adapun tema rapat koordinasi tersebut yakni sinkronisasi kebijakan program kegiatan pemerintah kabupaten/kota dibidang perindustrian perdagangan  Se- Kalimantan Tengah menuju “Kalteng Berkah”.

Disela pembukaan rakor, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalteng, HM Katma F. Dirun, menyampaikan bahwa setiap tahunnya agenda rakor terasebut diselenggarakan setelah Disperindag provinsi mengikuti rapat kerja perdagangan se- Indonesia.

“Selain itu, untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan program dalam bidang perindustrian dan perdagangan di Kalimantan Tengah. Kita berharap rakor ini dapat melahirkan gagasan baru khususnya bagi kita semua dalam menuju Kalteng Berkah,”kata Katma.

Sementara itu, Plt Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri menyampaikan, dengan adanya rakor tersebut, maka  Pemerintah Provinsi Kalteng dan pemerintah kabupaten/kota dapat berperan serta dalam memajukan bidang perindustrian dan perdagangan khususnya di Kalteng.

Menurutnya, dalam kegiatan rakor ini membahas isu-isu strategis dan program tahun 2018 di bidang perdagangan dan perindustrian antara lain, langkah strategis menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok dan bahan penting. 

Selain itu juga perlu dibahas revitalisasi pasar rakyat,  penguatan dan singkronisasi data industri (IKM), singkronisasi data ekspor impor,  penyampaian rencana pembangunan industri kabupaten/kota (RPIK), pembangunan sentra IKM di kabupaten/kota melalui dana DAK  serta pengembangan perwilayahan industry.

“Saya juga mengharapkan agar peserta dapat pro aktif dalam mengikuti Rakor ini sehingga dapat memunculkan ide dan gagasan yang dapat diaplikasikan dalam program bidang perdagangan dan perindustrian,”ucap Fahrizal.

Selain itu,  tambah dia,  pihaknya mengharapkan peran pemerintah kabupaten/kota untuk bersama-sama mendorong pembangunan di bidang  perindustrian dan perdagangan  di Kalteng melalui program kegiatan yang sejalan dengan program pemerintah pusat. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan