Disperindag Salurkan 250 Paket Sembako Murah di Bukit Tunggal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bila pada Senin yang lalu operasi pasar murah yang digelar di Kelurahan Langkai Palangka Raya langsung diserbu warga sesaat usai dibuka secara resmi oleh  Walikota Palangka Raya Fairid Naparin. Kini giliran pembagian paket sembako pada kegiatan serupa di Kelurahan Bukit Tunggal juga diserbu warga.

“Operasi pasar ini  merupakan program Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Disperindag, sebagai langkah antisipasi lonjakan harga  bahan kebutuhan pokok menjelang Natal dan tahun baru,”ungkap Lurah Bukit Tunggal, Heri Fauzi, Selasa (5/12/2018).

Disebutkan Heri, pada operasi pasar itu Disperindag menyediakan sebanyak 250 paket sembako yang dijatahkan bagi warga Kelurahan Bukit Tunggal yang sebelumnya telah terdata berdasarkan kriteria.

Sedangkan Camat Jekan Raya Kota Palangka Raya, Saipullah yang turut memantau pelaksanaan pembagian sembako menyatakan, digelarnya operasi pasar murah tersebut sangat tepat, terlebih sudah mendekati pelaksanaan Natal dan menyambut pergantian tahun.

“Ya dengan adanya paket sembako murah ini setidaknya mampu meringankan beban warga. Terlebih bagi mereka yang merayakan. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus berkelanjutan,”cetusnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kasi Bahan Pokok dan Barang Penting Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Markus Sitorus mengatakan, kegiatan operasi pasar murah tahun ini hanya dilakukan pada sepuluh lokasi kelurahan yang ada di Palangka Raya.

“Untuk wilayah kota hanya ada dua kelurahan, sisanya adalah kelurahan-kelurahan yang terjauh dari kota. Semuanya telah melalui pertimbangan, seperti tingkat kebutuhan masyarakat yang memerlukan adanya sembako murah,” tuturnya.

Disampaikan Markus ada 2 ribu paket sembako murah Disperindag siapkan untuk kesepuluh kelurahan ini,” tambahnya lagi

Dijelaskan Markus, dalam satu paket sembako yang disiapkan tersebut adalah senilai  Rp 117.600. Terdiri dari bahan-bahan komoditas antara lain beras 5 kg gula pasir 2 kg minyak goreng 2 liter bawang merah ½ kg. 

“Dalam satu paket sembako mendapat  subsidi pemerintah kota sebesar RP 17.600, sehingga harga jual menjadi Rp100 ribu,” sebutnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan