DISPARBUDPORA Palangka Raya Meriahkan Pawai Tahun Baru Islam 1444 H

Ribuan warga  Palangka Raya meriahkan pawai ta’aruf menyambut tahun baru Islam I Muharram 1444 Hijriyah. Iring-iringan pawai mengambil start di  Jalan Ais Nasution, Jumat, 29 Juli 2022.  Tak ketinggalan rombongan peserta dari DISPARBUDPORA (Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga) Kota Palangka Raya ikut memeriahkan acara dan meraih juara Harapan 7 Pemenang Pawai Kategori Mobil Hias.

Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kota Palangka Raya bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI). Acara yang sangat meriah ini diikuti pelajar dari semua tingkatan hingga remaja masjid dan organisasi maupun SOPD. Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin Membuka kegiatan Pawai Taaruf menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah di Jalan AIS Nasution Kota Palangka Raya, Jumat (29/7/2022).

Turut Hadir Pada Kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah, Ketua TP PKK Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin, Kapolresta Kota Palangka Raya, Dandim Kota Palangka Raya, Ketua PHBI Kota Palangka Raya, Ketua Umum DPW Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalteng, Kepala Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Kajari Kota Palangka Raya, serta Kepala SOPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutanya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat meraih takwa dan akhlak mulia. Maka dari itu, saya menyampaikan kepada para peserta Pawai Taaruf untuk senantiasa tertib, sportif dan semangat mengharap ridho dan keberkahan dari Allah SWT.

Terlihat arak-arakan pawai yang terdiri dari peserta berjalan kaki dengan mengenakan busana islami serta spanduk maupun slogan menyambut tahun baru Islam. Pawai juga dimeriahkan dengan berbagai kendaraan yang dihias bernuansa islami dilengkapi musik qasidah maupun lantunan salawat. Rombongan pawai mulai berjalan menuju titik finish setelah dilepas oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin didampingi Wakilnya Umi Mastikah dan sejumlah pejabat terkait.

Ketua Panitia PHBI Palangka Raya, HM Khemal Nasery mengatakan, kegiatan seperti ini sangat dirindukan masyarakat lantaran dua tahun lalu kegiatannya ditiadakan akibat virus corona.

 “Kita melihat antusias yang sangat tinggi, bahkan kelompok pawai yang mendaftar itu totalnya ada 300 kelompok dengan rata-rata anggota kelompok 50 orang,” ujarnya. Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin PHBI untuk memacu semangat umat muslim dalam memeriahkan hari besar agama islam serta melatih semangat berjuang umat muslim.

“Tentu ini akan menjadi agenda rutin kita, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota atas dukungan terselenggaranya kegiatan ini,” tuturnya.

 Setelah peserta mencapai garis finish dilanjutkan dengan pembukaan gebyar Muharram yang akan diisi dengan berbagai perlombaan tingkat pelajar dan umum

Pawai Taaruf ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari pelajar RA/TK/TPA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, Pondok Pesantren, Organisasi Islam, BUMN/BUMD dan SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Selain pawai, dalam peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah ini akan ada beberapa perlombaan di antaranya lomba mewarnai gambar, lomba yel-yel, lomba tari kreasi Islam, lomba busana muslim, lomba Dai cilik dan puitisasi Al-Quran.

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan