Diskominfo Kota Palangka Raya Menggelar Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Pengelolaan Informasi Publik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Informasi Publik di aula Peteng Karuhei II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik.

Dalam laporannya, Sekretaris Diskominfo Kota Palangka Raya, Noormalasari mengatakan bahwa untuk mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara, setiap badan publik diwajibkan memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana.

“PPID Pelaksana bertanggung jawab dalam penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi publik. Hal ini dilakukan melalui dua cara utama, yakni pengumuman informasi dan pelayanan informasi berdasarkan permohonan,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk mendukung keterbukaan informasi publik, saat ini PPID Pelaksana telah mengunggah dokumen informasi publik ke aplikasi PPID sebanyak 6.535 dokumen.

Selain itu Noormalasari menegaskan pentingnya peran PPID Pelaksana dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas badan publik.

“Dengan adanya PPID Pelaksana, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi yang dibutuhkan sehingga pengawasan publik terhadap kinerja pemerintah bisa lebih efektif,” sambungnya.

Dirinya mengharapkan kegiatan monitoring dan evaluasi ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik di lingkungan Pemkot Palangka Raya serta memastikan bahwa setiap perangkat daerah mematuhi regulasi terkait keterbukaan informasi. (MC Kota Palangka Raya/Gusti/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *