Diskan Kota Palangka Raya Ajak Semua Pihak Jaga Kelestarian Ikan Lokal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Rita Dewi melalui Sekretarisnya Sugiyanto mengajak kepada seluruh stakeholder untuk turut serta menjaga kelestarian serta keberadaan ikan-ikan lokal.

Hal ini disampaikannya pada saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya pada acara Restocking 52.000 benih ikan Papuyu di Danau Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kamis (16/03/2023).

Menurutnya, keberadaan ikan-ikan di wilayah perairan Kota Palangka Raya saat ini muulai berkurang. Hal ini terlihat kurangnya ketersediaan ikan itu sendiri akibat dari tingginya kebutuhan akan ikan warga Kota Palangka Raya.

“Seperti yang kita ketahui untuk kebutuhan ikan wilayah Kota Palangka Raya masih mendatangkan dari daerah lain. Padahal perairan di wilayah Kota Palangka Raya sendiri cukup luas dan mempunyai potensi yang cukup memadai,” kata Sugiyanto.

Dijelaskannya bahwa hingga saat ini , Pemko melalui Dinas Perikanan Kota Palangka Raya terus menjaga kelestarian sumber daya ikan itu sendiri melalui berbagai program. Misalnya kegiatan restocking, pemberian benih ikan kepada kelompok pembudidaya ikan dan beberapa program lainnya.

Namun lanjutnya, hal ini masih belum cukup tanpa adanya dukungan dari berbagai elemen masyarakat dan stakeholder.

“Seperti hari ini, PT Angkasa Pura II melakukan restocking benih ikan lokal. Hal ini menunjukkan bahwa PT Angkasa Pura II mempunyai kepedulian serta dukungan kepada Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menjaga keberadaan ikan lokal,” terangnya.

Menurutnya, sinegi dan kolaborasi yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II ini sangat patut diapresiasi. Oleh sebab itu, dirinya mengajak semua stakeholder agar mencontoh apa yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura ini dalam menjaga keberlangsungan ikan-ikan lokal di perairan Kota Palangka Raya.

“Kepada seluruh stakeholder baik itu perusahaan swasta, BUMD dan lainnya saya minta agar ikut berperan aktif seperti yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II ini demi keberlangsungan hidup dan kelestarian ikan lokal di perairan Palangka Raya,” tutupnya. (MC. Kota Palangka Raya/Nitra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *