Disdukcapil Menerima Audiensi dari BEM Universitas Palangka Raya

 

Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Palangka Raya (UPR) mengadakan silaturahmi sekaligus audiensi ke Dinas Kependudukan dan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Kamis (16/6/2022). 

Rombongan BEM UPR diterima langsung oleh Plt Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, H Edie didampingi seluruh Kepala Bidang.

Ernae mewakili pengurus BEM lainnya menyampaikan bahwa selain bersilaturahmi mereka juga ingin mengetahui lebih banyak tentang pelayanan administrasi kependudukan seperti standar pelayanannya, SDM dan penerapan pelayanan secara online.

“Kami berharap melalui kunjungan ini bisa mendapatkan gambaran bagaimana kondisi pelayanan pada masyarakat dan penanganan pengaduan. Selain itu, kami juga ingin mengetahui bagaimana kondisi perkembangan penduduk Kota Palangka Raya serta tanggapan masyarakat setelah diberlakukannya pelayanan secara online melalui aplikasi serta inovasi-inovasi pelayanan yang ada,” ujar Ernae.

Sementara itu dalam sambutan singkatnya H Edie menyambut baik kedatangan dari Pengurus BEM UPR dan berharap semoga ada manfaat yang didapat dari diskusi dan tukar pendapat pada kegiatan tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih dan selamat datang di Disdukcapil kepada adik-adik mahasiswa semuanya. Semoga melalui kunjungan ini bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang seluk beluk pelayanan adminduk dan bahkan ke depannya bisa menjadi mitra Disdukcapil dalam menyampaikan informasi administrasi kependudukan kepada masyarakat,” kata Edie.

Lebih lanjut Edie menjelaskan untuk pelayanan secara online dilakukan melalui aplikasi berbasis web SI-DOI dan telah dilakukan uji coba untuk 23 jenis layanan. Sementara itu tanggapan masyarakat terhadap aplikasi ini sangat baik meski demikian pelayanan manual untuk kondisi tertentu masih dijalankan.

“Untuk percepatan pencapaian kepemilikan dokumen adminduk seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA dan KK kami juga telah berkerjasama dengan beberapa Rumah Sakit/klinik bersalin. Sedangkan terkait penanganan pengaduan kami memiliki kanal pengaduan melalui media sosial, WhatsApp dan aplikasi LAPOR,” sambung Edie.

Di akhir pertemuan H Edie menyampaikan bahwa Disdukcapil akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Kami juga terbuka bagi siapapun yang ingin memberikan saran, masukan atau bahkan kritik yang membangun demi perbaikan kualitas pelayanan. Dan kami mempunyai tujuan untuk membahagiakan masyarakat melalui pelayanan adminduk yang cepat, mudah, terjangkau dan terukur,” pungkasnya.

MC Isen Mulang 17/06/22

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan