Dinkes Palangka Raya Gencar Sosialisasikan Germas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Plt Kepala Dinkes Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo melalui Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Patriani Gunawan mengatakan, saat ini pihaknya sedang gencar melakukan sosialisasi kegiatan gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat, seperti yang dilaksanakan baru-baru ini. 

“Germas hidup sehat ini sangat mudah. Hanya dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Kemudian permeriksaan kesehatan secara rutin, serta makan buah dan sayur setiap hari,”katanya, Kamis (9/8/2018).

Tak hanya melalui sosialisasi, Dinkes kota lanjutnya, juga gencar mempromosikan germas melalui acara senam masal dan kampanye. Contohnya seperti kampanye gemar makan buah dan sayur yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. 

Tidak cukup sampai disitu saja, Dinkes juga masuk ke program kesehatan di sekolah-sekolah, seperti Usaha Kesehatan Siswa (UKS) dan Pelayananan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Menyasar anak sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat atas. Tercatat sudah 139 Sekolah Dasar, 58 sekolah menengah pertama dan 45 sekolah menengah atas yang melaksanakan program ini. 

“Pelaksanaan dilakukan melalui integrasi sekolah dengan petugas puskesmas,”terang Patriani.

Pihaknya tambah dia berharap. melalui gerakan hidup sehat yang sudah ditanamkan sejak dini, generasi penerus dapat lebih mengerti terkait kesehatan. Terutama menghindari berbagai masalah yang sering ditemui saat ini, seperti hamil diluar nikah, alkohol dan merokok. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan