Dinkes Palangka Raya Beri Layanan Kesehatan Bagi Warga Terdampak Banjir

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya turut memberikan penyuluhan, sosialisasi dan edukasi kepada warga kota setempat yang terdampak banjir. Salah satu yang ditonjolkan dalam penyuluhan tersebut yakni berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Selain memberikan penyuluhan, sosialisasi dan edukasi, Dinkes juga memberikan bantuan berupa obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Petugas Dinkes Palangka Raya sejauh ini aktif melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan obat kepada warga terdampak banjir. Mengingat kondisi banjir akan membuat warga rentan diserang penyakit,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Drg Andjar Hari Purnomo, Selasa (20/9/2022).

Andjar mengingatkan, agar warga terdampak banjir tetap menjaga kesehatan. Terutama ketika hendak makan, maka dipastikan terlebih dahulu tangan sudah dicuci dengan sabun pada air yang mengalir.

Tak bisa dipungkiri, selain menyebabkan gangguan dalam aktivitas dan kerusakan properti bangunan warga, banjir juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi warga terdampak.

Seperti diketahui, banjir mengandung berbagai efek yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Sebab, ketika terjadi banjir akan ditemukan sampah rumah tangga, limbah berbahaya seperti zat karsinogenik arsenik, kromium, dan merkuri, benda rumah tangga, serta binatang liar seperti tikus dan ular, yang dapat menyebabkan penyakit.

Tidak hanya sampai disitu saja, saat banjir terjadi, maka nyamuk dapat berkembang biak dengan cepat. Karena itu, guna menghindari gigitan nyamuk, warga harus mengenakan pakaian lengan panjang.

“Baiknya lagi, gunakanlah penangkal serangga jika tersedia. Tak kalah penting, bersihkan genangan air yang ada di dalam rumah. Ingat nyamuk dapat menjadi sumber penyebaran berbagai penyakit,” terangnya.

Selebihnya Andjar mendorong warga terdampak banjir untuk melakukan pencegahan berbagai penyakit sebagai dampak yang ditimbulkan banjir. “Kita harus dapat menjaga tubuh tetap sehat saat menghadapi kondisi demikian,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan