Dinas Sosial Palangka Raya Anggarkan Rp300 Juta Untuk Bangun E-Warong

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Sosial Kota Palangka Raya mengalokasikan dana sebesar Rp300 juta dalam APBD 2018 untuk membangun E-Warong (Elektronik Warung Gotong Royong).

Dana sebanyak ini menurut Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Fauliansyah bisa digunakan untuk membangun 13 toko E-Warong. Dalam satu E-Warong dialokasikan Rp30 juta.

Dana sebesar Rp30 juta ini nanti tidak hanya untuk membangun toko E-Warong saja, namun bisa digunakan untuk membeli alat rak dan alat lain guna menunjang usaha warga penerima program sosial.

Fauliansyah memprioritaskan ke-13 E-Warong yang akan dibangun di 2018 nanti di wilayah yang sulit dijangkau transportasi darat seperti di wilayah Kecamatan Bukit Batu dan Rakumpit.

Dia mengharapkan di 2018 nanti hampir semua kelurahan di Kota Palangka Raya sudah ada E-Warong, karena mulai 2018 pula semua penerima bantuan dari pemerintah wajib diperoleh melalui toko E-Warong.

“Jadi nanti bantuan sosial tidak tunai lagi, tapi non tunai. Barang subsidi hanya bisa diperoleh melalui E-Warong. Nantinya semua penerima bantuan akan mendapatkan kartu,” kata Fauliansyah, Kamis (28/12/2017).

Jika rencana membangun 13 E-Warong di 2018 sudah terrealisasi, maka total E-Warong di Kota Palangka Raya yang sudah dibangun sebanyak 22 toko E-Warong.

“Tahun ini di Palangka Raya sudah dibangun 9 E-Warong dari Kementerian Sosial, karena itu kita berinisiatif membangun sendiri, jadi tidak selalu mengandalkan bantuan dari pusat,” jelasnya.

Fauliansyah menambahkan idealnya setiap kelurahan ada E-Warong, karena setiap kelurahan ada warga yang menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat.

Karena itu jika target 22 E-Warong tersebut sudah terrealisasi, maka masih ada 8 kelurahan lagi yang belum ada E-Warong, namun ditargetkan tahun berikutnya sudah bisa dibangun. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan