Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangka Raya Kembali Menggelar Sosialisasi Kegiatan Beragam Bergizi …

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangka Raya kembali menggelar Sosialisasi Kegiatan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di lingkungan sekolah.

Kali ini sosialisasi dilaksanakan di SD Negeri Langkai 11, Kota Palangka Raya, Selasa (26/9/2023).

Kepala DPKP Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Yusianto mengatakan kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mengonsumsi pangan B2SA melalui edukasi yang dimulai dari tingkat sekolah dasar.

Sosialisasi ini diselenggarakan dengan tujuan agar anak-anak dapat mengonsumsi asupan pangan yang baik. Terdiri dari makanan pokok yang mengandung karbohidrat, lauk pauk yang mengandung protein hewani dan nabati, sayur dan buah dengan jumlah yang cukup serta aman untuk mewujudkan generasi muda yang sehat, aktif dan produktif.

Sebagian pola makan anak sehari-hari kurang suka mengonsumsi sayur dan buah serta lebih memilih makanan cepat saji (fast food). Hal ini justru minim kandungan zat gizinya. Untuk itu sebagai orang tua, baik guru maupun wali murid diharapkan dapat menyediakan makanan yang beragam dan diolah sedemikian rupa supaya diminati oleh anak-anak.

“Salah satu upayanya adalah dengan membuat kreasi menu makanan yang dikemas secara modern namun tetap memperhatikan kandungan gizinya. Olahan makanan juga bisa dengan bahan dasar pangan lokal yang ada di sekitar kita. Saat ini banyak orang tua yang hanya peduli makanan enak saja untuk anak-anak mereka, tanpa memperhatikan kesehatannya. Berikanlah makanan yang bergizi seimbang dan aman kepada anak,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan sebagai salah satu program nasional untuk generasi emas bangsa ke depan, sosialisasi ini tidak hanya menyasar anak-anak sekolah dasar namun ibu hamil dan ibu usia produktif akan disosialisasikan juga melalui posyandu yang ada di lingkungan setempat.

“Ke depan kegiatan ini akan lebih gencar pelaksanaannya di lingkungan sekolah dasar dengan tambahan sasaran sosialisasi ibu hamil dan ibu usia produktif yang akan dilaksanakan di posyandu setempat,” tambahnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *