Destinasi New Bali ke-11, Tanjung Puting Go Internasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Baru-baru ini Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), diusulkan menjadi Bali ke-11 pada 2019.

Masuknya TN Tanjung Puting sebagai destinasi New Bali ke-11 menunjukan Kalteng memiliki kekayaan alam serta satwa liar yang mampu dieksplor menjadi tujuan wisatawan kelas dunia.

Plt Sekertaris Daerah Kalimantan Timur, Fahrizal Fitri dalam relisnya, Rabu (26/9/2018) menyampaikan, TN Tanjung Puting memiliki keunggulan daya tarik wisata berupa hutan tropis sebagai habitat asli orangutan di Indonesia.

Tercatat bahwa jumlah wisatawan ke Tanjung Puting pada 2017 berjumlah 25.145 orang, di mana wisatawan asing 15.170 orang dan wisatawan dalam negeri 9.975 orang.

Pada April 2018, jumlah wisatawan mencapai 16.778 orang, di mana wisawan asing 10.518 orang dan 6.260 orang wisatawan dalam negeri. 

Disebutkan TN Tanjung Puting merupakan destinasi wisata yang sudah taraf mancanegara. Di sana mereka akan melihat kawasan hutan alam yang berdiri di atas gambut, di situ juga ada aliran sungai yang hitam gambut, konservasi orangutan seluas 500.000 hektar.

“Ada kurang lebih 5.000 orangutan yang dipelihara. Ini akan ditunjukkan ke dunia, bahwa inilah salah satu satwa yang dilindungi, dan mereka dapat memberitahukan kepada orang banyak melalui media sosial mereka,” tutur Fahrizal.

Sementara itu Marsetio selaku Staff Ahli Menteri Untuk Pariwisata dan Ketua tim Percepatan Pembangunan Kalimantan Tengah, dalam relisnya mengatakan, usulan TN Tanjung Puting sebagai New Bali ke-11 ini merupakan satu-satunya yang ada di Pulau Kalimantan.

TN Tanjung Puting sebagai ‘New Bali’ ke-11 nantinya akan melengkapi atraksi yang dimiliki di 10 New Bali, yaitu atraksi danau (Danau Toba-Sumut); atraksi pantai/bahari (Belitung-Babel, Tanjung Lesung-Banten, Kepulauan Seribu-DKI Jakarta, Mandalika-Lombok NTB, Pulau Komodo-NTT, Taman Nasional Wakatobi-Sulawesi Tenggara, dan Morotai-Maluku Utara); atraksi gunung (Gunung Bromo-Jatim); atraksi budaya (Candi Borobudur-Jateng), dan nantinya dilengkapi dengan atraksi hutan (Taman Nasional Tanjung Puting-Kalteng).

“Kegiatan Wonderful Sail to Indonesia 2018 akan singgah di Kumai, Kalteng untuk mempromosikan Tanjung Puting. Destinasi Bali baru yang go internasional,” cetusnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan