Delapan Sekolah di Palangka Raya Bakal Ikut Adiwiyata Nasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya Rawang, mengatakan sedikitnya ada delapan sekolah yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk dapat ikut pada program adiwiyata tingkat nasional. “Itu masih usulan, dimana ada delapan sekolah yang kami anggap layak bisa mengikuti adiwiyata nasional tahun ini,” ungkapnya, Kamis (29/3/2018) yang lalu.

Kata Rawang, selain delapan sekolah tersebut, pihaknya juga mengusulkan dua sekolah untuk dapat mengikuti program adiwiyata mandiri.
Saat ini usulan sekolah program adiwiyata tersebut sedang berproses, terutama pada tahap pengumpulan dokumen. 

“Usulan sekolah-sekolah ini tentu dasar utamanya adalah melalui seleksi tingkat kota dan tingkat provinsi. Sehingga pemko melalui DLH akhirnya mengusulkan,” sebutnya.

Ada beberapa kriteria yang diterapkan dalam penilaian sekolah adiwiyata, terutama dari sudut pandang bagaimana partisipasi pihak sekolah dalam mengelola sekolah berwawasan  lingkungan. Semuanya dilihat, terutama bagaimana keterlibatan semua komponen, yakni pihak sekolah siswa, dan orang tua peserta didik itu sendiri.

“Untuk tahun berikutnya, DLH menargetkan setidaknya 20 sekolah di Palangka Raya yang akan ikut program adiwiyata tingkat provinsi, sehingga peluang ketingkat nasional lebih besar,” cetus Rawang.

Ia pun berharap seluruh sekolah yang ada di Kota Palangka Raya, dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung program tersebut, karena akan memiliki nilai positif. Sekolah akan terjamin dari sudut pandang kesehatan maupun kebersihan serta proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan  baik. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan