Dekranasda Palangka Raya Hadiri Rakernas di Jakarta

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hari ini seluruh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi, kabupaten, dan kota serta ketua harian dan sekretaris Dekranasda seluruh Indonesia berkumpul di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Kehadiran lebih dari 600 pengurus Dekranasda ke Jakarta dalam rangka menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Gedung A.H Nasution Lt 16 Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2017).

Dari 600 peserta ini salah satunya Dekranasda Kota Palangka Raya yang ikut hadir dan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dekranasda Kota Palangka Raya, Norlaina Riban Satia.

Ikut mendampingi Norlaina Riban Satia adalah Ketua Harian Dekranasda Kota Palangka Raya yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban dan sekretarisnya. 

Rakernas Dekranas yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini mengangkat tema ‘Membangun Sinergi Kebijakan dan Program Dekranas dalam Mewujudkan Kriya Berdaya Siang Global’.

Tujuan diadakannya Rakernas ini untuk meningkatkan koordinasi dalam rangka meningkatkan daya siang global berbasis konten lokal guna menggali dan mengembangkan warisan budaya.

Selain itu untuk meningkatkan daya saing produk pengrajin, mensejahterakan pengrajin, dan regenerasi pengrajin secara berkelanjutan karena saat ini keberadaan pengrajin sudah semakin langka.

Maka dari itu pengrajin harus terus diberikan pelatihan dan pendampingan, sehingga keberadaannya terus eksis untuk ikut serta dalam memajukan perekonomian bangsa.

Sementara itu dalam momen Rakernas yang juga dihadiri Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla ini juga diadakan pameran yang memamerkan berbagai kerajinan atau produk lokal dari berbagai daerah seluruh Indonesia. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan