Deklarasi Kampanye Damai di Kawasan Wisata Flamboyan Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya mengadakan acara deklarasi kampanye damai yang diikuti oleh empat pasangan calon walikota dan calon wakil walikota Palangka Raya, Minggu (18/2/2018) pukul 10.00 WIB.

Acara deklarasi kampanye damai yang diadakan di kawasan wisata Dermaga Flamboyan Bawah ini juga dihadiri Walikota Palangka Raya Riban Satia dan Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Kapolres Palangka Raya, Kasdim 1016 Palangka Raya, dan pejabat lainnya.

Sebelum acara puncak dimulai terlebih dahulu ke-4 pasangan calon diberikan buku analisis isu srategis 2013-2018 yang berisi program yang sudah dijalankan oleh walikota saat ini. Buku ini secara simbolis diberikan secara bergantian oleh walikota dan pejabat lainnya kepada pasangan calon.

Setelah itu dilanjutkan dengan ikrar kampanye damai yang dibuktikan dengan penandatanganan bersama. Selanjutnya ke-4 pasangan calon bersama komisioner KPU, Panwaslu, dan pejabat lainnya bersama-sama melepas burung merpati sebagai bentuk kebebasan.

Sesi terakhir ke-4 pasangan calon diberikan kesempatan untuk menampilkan pertunjukan seni dari berbagai suku dan diakhiri dengan orasi politik dari kandidat. Dalam sesi terakhir ini setiap pasangan calon hanya diberikan waktu maksimal 20 menit.

Giliran pertama yang mendapatkan kesempatan berorasi adalah pasangan nomor urut 1 Tuty Dau-Rahmadi HN, kemudian dilanjutkan pasangan nomor urut Rusliansyah-Rogas Usup, pasangan nomor urut 3 Fairid Naparin-Umi Mastikah, dan pasangan nomor urut 4 Aries Marcorius Narang-Fawzi Bachsin.

Anggota KPU Kota Palangka Raya, Harmain Ibrohim mengatakan deklarasi kampanye damai ini dilakukan serentak di 171 daerah di Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 dan waktunya disepakati digelar pukul 10.00 WIB.

“Alhamdullilah acara deklarasi berakhir dengan sukses hingga pukul 13.00 WIB dan semua pasangan calon bisa mengikuti acara deklarasi dengan baik dan tertib,” ucap Harmain didampingi Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi.

Harmain mengharapkan dengan diadakannya deklarasi kampanye damai ini apa yang sudah ditandatangani oleh pasangan calon tersebut bisa dilaksanakan sesuai tema pemilu yang damai yang bebas politisasi isu sara, bebas dari politik uang, dan bebas dari penyebaran berita hoax. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan