Dana Operasional BRT Gratisan Capai Rp 60 Juta Lebih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Eldy menyebutkan untuk biaya operasional lima unit bus rapid transit (BRT), yang digratiskan  selama lima bulan kedepan bagi masyarakat umum setidaknya diperlukan anggaran sebesar  Rp. 60 juta lebih, yang terhitung pada bulan Maret 2019 nanti,” ungkapnya, Senin (4/2/2019).

Dijelaskan Eldy dana operasional BRT yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat itu sudah dianggarkan menggunakan APBD 2018 lalu. Sehingga dana itulah yang dapat digunakan untuk keperluan bahan bakar, ganti oli dan perawatan lainnya.

Jadi sudah tersedia untuk dana operasional yang digratiskan, namun untuk dana operasional setelah usai digratiskan tetap kita usulkan ditahun ini,” ujarnya lagi.

Dikatakan, untuk menentukan biaya operasional ke lima BRT tersebut, pihaknya kata Eldy telah melakukan mekanisme. Semisalkan oprasional itu ada lima trip maka diperlukan anggaran sebesar Rp.200 ribu untuk satu kali jalan berdasarkan rute yang sudah ada. “Ini secara  cermat kami rincikan, sehingga anggaran operasional itu tercukupi,” bebernya.

Dalam bagian lain lanjut Eldy, dengan adanya lima unit BRT tersebut, maka pihaknya tetap melakukan beberapa kajian seperti izin trayek, rute, tarif, dan halte, agar memudahkan beroperasinya BRT.

Bahkan pihaknya imbuh dia, juga akan menentukan besaran tarif bagi masyarakat umum yang menggunakan BRT, pasca selesainya angkutan cepat itu digratiskan.

“Tentu ada peraturan walikota Palangka Raya mengenai tarif, rute, dan perizinannya. Semuanya butuh proses, tuturnya.

Sementara ditanya terkait dengan halte BRT ini, diakui Eldy masih sangat terbatas yakni hanya ada tiga saja yang sudah dibangun dan itupun untuk jalur-jalur pariwisata saja. Sedangkan secara umum untuk mengangkut penumpang masih akan diusulkan untuk dibangun beberapa halte lagi.

“Intinya melalui kajian, jangan sampai keberadaan BRT ini malah mematikan angkutan umum lain,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan