Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022 Pemerintah Kota Palangka Raya Menggelar Upacara Bendera Yang …

Dalam rangka memperingati hari santri nasional Tahun 2022, Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar upacara bendera yang dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Sabtu (22/10/2022).

Upacara bendera tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3APM), Sahdin Hasan dan diikuti sejumlah pejabat lingkup Pemko Palangka Raya, ulama dan para santri di wilayah Kota Palangka Raya.

Membacakan sambutan menteri agama RI, Sahdin Hasan mengatakan peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak kita semua apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” kata Sahdin

Dikatakannya bahwa, menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi. Hal tersebut karena tidak ada satu pun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri diharapkan untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama.

“Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Sahdin mengajak semua pihak bahwa melalui momen peringatan Hari Santri ini untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *