Cegah Illegal Fishing Maksimalkan Peran Pokmaswas

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mendorong Dinas Perikanan setempat, untuk memaksimalkan peran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmasawas), dalam rangka mencegah penangkapan ikan secara tidak sah atau “illegal fishing”.

“Pemko Palangka Raya melalui instansi terkaitnya dapat memaksimalkan Pokmaswas dalam melakukan pengawasan di wilayah perairan sekitar secara berkelanjutan,” ungkapnya, Selasa (27/9/2022), di Palangka Raya.

Terlebih lanjut Anna, adanya bantuan perahu motor dari dinas terkait, sehingga sangat mendukung aktivitas pengawasan Pokmaswas.

Sebab itu, pihaknya lanjut srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Gerindra ini, memberikan apresiasi atas kesigapan pemko dalam mencegah kerusakan ekologi perairan.

Terutama implementasi nyata dengan memberikan bantuan perahu motor kepada Pokmaswas Hadohop Hapakat Kelurahan Tumbang Tahai, Pokmaswas Rangga Hai, Kelurahan Tanjung Pinang, dan Pokmaswas Bereng Batuah Kelurahan Kelurahan Bereng Bengkel.

“Program itu menurut saya merupakan bentuk dukungan dan perhatian pemerintah kepada Pokmaswas dalam menjaga kelestarian sumberdaya ikan. Semoga dapat mendukung kinerja para Pokmaswas dalam meminimalkan potensi illegal fishing,”ujar Anna.

Ia menambahkan, jika sejatinya Pokmaswas merupakan kelompok swadaya masyarakat yang dibentuk untuk mengawasi, mencegah penangkapan ikan secara tidak sah dan merusak lingkungan serta menjaga pemanfaatan potensi perairan secara seimbang.

“Pokmaswas diperlukan untuk menjaga ekosistem perairan dari praktik penangkapan ikan secara ilegal atau penangkapan ikan dengan cara yang tak ramah lingkungan,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan