CCROOM Akan Pantau Lalu Lintas di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tahun ini Kementerian Perhubungan akan menyediakan ruang kontrol kamera atau camera control room (CCROOM) di Kota Palangka Raya.

Dengan CCROOM yang akan ditaruh di Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah ini, maka kondisi arus lalu lintas di wilayah Kota Palangka Raya bisa dimonitor dari jarak jauh.

Selain menyediakan CCROOM, tahun ini Kementerian Perhubungan juga akan memasang alat kamera di simpang Korem 102 Panju Panjung dan di simpang Gereja Katedral Jalan Tjilik Riwut Km 1.

“Akhir tahun ini dipasang dua titik dan tahun depan dipasang 10 titik lagi,” ucap Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VXI Kalimantan Tengah, Muyahad saat rapat Forkompinda, Selasa (22/5/2018).

Muyahad menjelaskan fungsi CCROOM ini selain untuk memonitor kamera CCTV juga bisa digunakan untuk mengoperasionalkan lampu merah secara elektrik dari jarak jauh.

Dengan CCROOM ini lampu lalu lintas bisa dihidupkan menyesuaikan kebutuhan. Misalnya jika ada seorang pejabat ingin lewat dalam kondisi lancar maka lampu pengatur lalu lintas bisa dihidupkan hijau terus.

Selain itu alat CCROOM ini bisa digunakan untuk mengurangi kemacetan. Misalkan jalan utama terjadi antrean panjang, maka lampu lalu lintas akan dihijaukan.

Tidak hanya itu, CCROOM juga bisa difungsikan untuk memantau ketertiban para pengendara. Jika ada pengendara yang melanggar lalu lintas, maka alat ini langsung merekam plat kendaraan.

“Memang untuk lelang elektronik ini masih belum, tetapi ke depan kita harapkan ada payung hukumnya, sehingga ke depan dengan adanya CCROOM ini lebih tertib,” tandasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan