Camat dan Lurah Harus Aktif Sikapi Usulan Program Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Riban Satia mengingatkan kepada lurah dan camat agar pro aktif dan tanggap menyikapi usulan program yang disampaikan masyarakat.

Lurah dan camat harus bisa memilah atau memprioritaskan usulan mana yang bisa didahulukan dan yang tidak. Sebab tidak semua usulan bisa didahulukan, tapi dilihat dari skala prioritasnya.

“Di situlah peran lurah dan camat diperlukan untuk mengidentifikasi usulan masyarakat. Apalagi dana yang kita miliki terbatas, sehingga harus dilihat skala prioritasnya,” ucapnya.

Pesan walikota ini disampaikan saat membuka Musrenbang Kecamatan Jekan Raya, Selasa (27/2/2018). Dalam kesempatan itu walikota juga mengingatkan lurah dan camat agar rajin ke lapangan.

Dengan begitu maka lurah dan camat akan mengetahui secara riil kondisi masyarakatnya, termasuk kondisi pembangunan yang sudah terealisasi dan program yang sedang diusulkan.

“Lurah dan camat juga harus mampu mengambil kebijakan cepat jika ada masalah, misalnya daerah A sedang kebanjiran, maka dia harus bisa menggerakan warganya untuk gotong royong,” tuturnya.

Menurutnya tanggung jawab pembangunan tidak hanya pada kepala daerah atau satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) saja, namun melibatkan semua pihak, termasuk masyarakat.

Karena itu jika disuatu wilayah ada masalah lingkungan misalnya, maka seorang pemimpin di wilayah tersebut harus bisa mengajak warganya agar menjaga dan memelihara lingkungannya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan