Camat dan Lurah Diingatkan Untuk Menjaga Netralitas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Aparatur sipil negara (ASN), termasuk diantaranya para lurah maupun camat yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, kembali diingatkan untuk menjaga netralitas pada perhelatan Pilkada serentak, khususnya pemilihan walikota dan wakil walikota Palangka Raya.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio saat pembukaan pelatihan bagi satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas), Senin (16/04/2018), di Aula Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya.

Menurutnya, ketentuan netral ASN telah diatur bagi semua ASN ketika menghadapi tahun perpolitikan. Bila dilanggar tentu akan beresiko bagi ASN itu sendiri. “Saya ingatkan seluruh lurah maupun camat di wilayah Palangka Raya, jangan sampai terlibat secara langsung ataupun melakukan hal hal yang bersifat mempromosikan salah satu paslon,” tegasnya.

Dikatakan, banyak hal-hal yang bisa beresiko terhadap keberlangsungan ASN dalam perpolitikan, manakala ada  saudara sepupu ataupun saudara sekandung, ayah atau ibu yang tengah ikut menjalankan perpolitikan.

Dalam kondisi inilah, maka ASN harus bisa mengedepankan profesionalismenya sehingga tidak terjebak dalam hal pelanggaran. “Bila tidak mengerti batasan-batasan itu, tolong berkonsultasi dengan Inspektorat. Jangan sampai keberadaan anda menjadi sumir, sehingga anda harus menerima konsekuensi tersebut,” tandas Mofit.

Ia pun mendorong pihak Panwaslu untuk memperkuat lagi pengawasannya terkait hal tersebut. Terlebih ketika ada mendapati ASN yang ikut dalam perpolitikan, maka bisa dilaporkan langsung kepada kepala daerah. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan