Butir-butir Kesepakatan Hasil Rakonreg PDRB se Kalteng

MEDIA CENTER,  Palangka Raya –  Rapat konsultasi analisis ekonomi regional (Rakonreg) PDRB se Kalimantan Tengah tahun 2018 di laksanakan di Ballroom hotel Luwansa, Senin (14/5- 2018).

Acara Rakonreg PDRB menyajikan presentasi materi oleh narasumber dari Bappenas, BPS RI, BI perwakilan kalteng,  kepala BPS provinsi kalteng, kepala Bappedalitbang provinsi kalteng dan kepala dinas budpar provinsi kalteng. 

Adapun butir-butir kesepakatan hasil Rakonreg PDRB kabupaten dan kota se kalteng sebagai berikut : satu diperlukan sinergitas perencanaan pembangunan dan pengembangan pariwisata melalui koordinasi yang lebih optimal antara pemerintah pusat maupun provinsi dan kabupaten/ kota, provinsi dan pusat.

kedua pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dan kabupaten /kota se-Kalimantan Tengah harus terus melakukan identifikasi kondisi dan karakteristik wisatawan, potensi dan pangsa pasar pariwisata masing-masing daerah sehingga perencanaan pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata lebih kreatif, efektif dan optimal.

ketiga peran usaha mikro dan menengah (UMKM) harus terus ditingkatkan melalui peningkatan kualitas SDM, pembiayaan dan promosi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Keempat BPS, bappedalitbang dan dinas kominfo, persandian dan statistik provinsi kalimantan tengah dan kabupaten/kota se-kalimantan tengah harus membangun dan mengembangkan statistik pariwisata dengan berpedoman pada konsep, definisi dan metodologi yang berstandar nasional dan internasional untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata. 

Kelima dibuka peluang kerjasama yang diperlukan antar daerah dan diinisiasi oleh kabupaten/kota masing-masing. Pelaksanaan Rakonreg PDRB kabupaten dan kota se kalteng tahun 2019 mendatang dilaksanakan di kabupaten murung Raya (MC. Isen Mulang/tina/engga).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan