BRG Berikan Bantu 100 Juta Ke Pokmas Marang Barajaki

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kelompok Masyarakat (Pokmas) Marang Barajaki mendapatkan bantuan modal usaha senilai Rp100 juta dari Badan Restorasi Gambut (BRG).

Bantuan ini kemudian oleh Ketua Pokmas Marang Barajaki, Sariadi bersama anggota digunakan untuk membuat kandang ternak ayam ras beserta peralatan penunjang lainnya.

Bagi Sariadi, bantuan cuma-cuma ini merupakan berkah yang tidak terduga bagi masyarakat Marang yang selama ini dilibatkan dalam penjagaan kawasan gambut di wilayah mereka.

Suriadi menuturkan saat ini tahap pembuatan kandang dan setelah jadinya akan berkerja sama dengan perusahaan penyedia bibit ayam. Sistemnya bagi hasil.

“Kami cuma menyediakan kandang saja. Bibit ayam, pakan, dan obat semuanya dari perusahaan. Dengan sistem ini tidak ada rugi, karena kami diberikan upah per kilo,” sebut Suriadi, Kamis (8/9/2022).

Meski dengan pola seperti ini hasilnya tidak terlalu besar, namun menurut Suriadi dengan usaha ternak ayam, maka ke depannya semua anggota Kelompok Marang Barajaki dapat penghasilan rutin.

Sementara itu Lurah Marang, Yuliati Ningsih mengatakan jika program dari BRG ini berhasil, maka tidak menutup kemungkinan nantinya Kelompok Marang Barajaki dapat tambahan modal usaha lagi, sehingga usahanya bisa meningkat dan lebih banyak lagi.

Pihaknya mendukung usaha yang akan dijalankan oleh Pokmas Marang Barajaki, karena program ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan dari BRG agar taraf hidup masyarakat di Marang makin sejahtera lagi. (MC Isen Mulang.2/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *