BPS Palangka Raya Adakan FGD Pembahasan Data Publikasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya mengadakan acara Focus Group Disscuison (FGD) Pembahasan Data Publikasi Kota Palangka Raya Dalam Angka, (14/8/2017).

Acara FGD yang diadakan di Hotel Aquarius ini diikuti beberapa perwakilan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Secara resmi acara FGD ini dibuka oleh Walikota Palangka Raya, Riban Satia. Dalam FGD ini menghadirkan Kepala BPS Kalimantan Tengah, Hanif Yahya dan Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu sebagai nara sumber.

Dalam laporannya Kepala BPS Kota Palangka Raya mengatakan tujuan diadakannya FGD ini untuk menghasilkan data sektoral yang valid sebagai rujukan pengambilan keputusan.

Selain itu untuk meningkatkan koordinasi sektoral dan diharapkan data publikasi yang akan disampaikan bisa bagus dan akurat, sehingga hasilnya sesuai fakta di lapangan.

Sementara itu Kepala BPS Kalimantan Tengah, Hanif Yahya menjelaskan tujuan diadakannya FDG ini salah satunya untuk mewujudkan Palangka Raya sebagai kota pendidikan, pariwisata, dan jasa.

Maka dari itu melalui FGD ini diharapkan nantinya bisa mengumpulkan data akurat yang akan digunakan pemerintah daerah untuk melaksanakan program pembangunan.

Menurut Hanif data statistik sangat dibutuhkan pemerintah untuk pengambil kebijakan. Misalnya pemerintah mau membangun gedung sekolah, maka terlebih dulu harus tahu berapa jumlah anak didiknya.

Begitu pula bila pemerintah ingin menciptakan peluang kerja, maka harus tahu berapa jumlah pengangguran, termasuk harus tahu berapa anak yang akan lulus sekolah.

Dalam kesempatan ini Hanif menjelaskan data yang disampaikan BPS terkadang tidak sama dengan data intansi lain, karena data BPS bersifat defakto.

Maksud defakto, misalnya soal data kependudukan. Dimana BPS mencatat atau menghitung semua warga yang tinggal di Kota Pakangka Raya meski mereka memiliki KTP luar daerah, tapi secara hak lainnya, kecuali hak politik, mereka wajib mendapatkan hak seperti pendidikan, kesehatan, dan lainnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan