BPDAS Kahayan Sediakan 15.000 Bibit Tanaman Produktif

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ada kabar baik buat masyarakat Kota Palangka Raya. Kabar baik ini datang dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai-Hutan Lindung (BPDAS-HL) Kahayan.

Dalam tahun ini BPDAS-HL Kahayan menyediakan 15.000 bibit tanaman produktif. Bibit ini bisa diperoleh secara gratis oleh masyarakat Kota Palangka Raya di BPDAS-HL Kahayan di Jalan RTA Milono Km 2.

Adapun jenis bibit produktif yang disediakan seperti Mangga Arum Manis, Mangga Manalagi, Mangga Durih, Rambutan Binjai, Rambutan Rafiah, Jeruk Keprok, Jeruk Siam, Sirsak Ratu, Sawo Cijali, Sawo Sedan, Jambu Biji, Jambu Bol Harman, dan Nangka Kandel.

Kepala BPDAS-HL Kahayan, Supriyanto Sukmo Sejati mewakili Pengendali Sistem Hutan Muda, Demantoro menjelaskan bagi masyarakat yang berminat untuk mendapatkan bantuan bibit bisa mengajukan permohonan ke kantornya.

Syarat untuk mendapat bantuan harus melampirkan daftar anggota nama kelompok, fotokopi identitas (KTP/SIM), peta/sketsa calon lokasi tanam, foto lokasi tanam dicetak, dan bersedia menandatangani surat pernyataan menamam.

Selain itu wajib pula dilampirkan fotocopi surat kepemilikan tanah dan permohonan (berkas yang disediakan BPDAS-HL Kahayan) harus dimintakan tanda tangan oleh pejabat kelurahan. 

Demantoro mengatakan selain wilayah Kota Palangka Raya, BPDAS-HL Kahayan juga menyediakan bibit tanaman produktif untuk wilayah barat, kecualai wilayah DAS Barito.

Jadi total bibit tanaman produktif yang disediakan BPDAS-HL Kahayan tahun ini untuk seluruh wilayah operasionalnya mencapai 45.000 bibit, kecualai Gunung Mas, Pulang Pisau, dan Kotawaringin Barat.

Sebab menurut Demantoro pada 2016 BPSDA-HL Kahayan sudah mengalokasikan penyediaan ribuan bibit tanaman produktif untuk masyarakat Gunung Mas, Pulang Pisau, dan Kotawaringin Barat. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan