BOS Nyaru Menteng Selamatkan Bayi Orangutan dari Warga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah bersama Borneo Survival Orangutan (BOS) Nyaru Menteng Palangka Raya kembali menyelamatkan bayi orangutan dari seorang warga di Kabupaten Gunung Mas.

Bayi orangutan betina berusia 3 tahun ini sudah dipelihara selama tiga tahun oleh warga Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas. Karena tahu hewan ini dilindungi, maka bayi orangutan ini diserahkan, Kamis (12/10/2017).

Menurut Humas BOS Nyaru Menteng, Monterado Fridman, bayi orangutan ini didapatkan warga di wilayah perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah Teluk Nyatu. Setelah itu dibawa pulang dan dipelihara sekitar tiga tahun sebelum diserahkan ke BKSDA.

Saat ini bayi orangutan yang diberi nama Langkis ini dalam kondisi sehat. Langkis ini merupakan bayi orangutan ke-18 yang diselamatkan BOS Nyaru Menteng selama 2017 dan kemudian direhabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke alam bebas.

Karena seringnya pemberitaan terkait penyerahan orangutan ke BKSDA dan BOS Nyaru Menteng ternyata memberikan dampak positif kepada warga yang masih memelihara bayi orangutan. Ternyata sebagian warga dengan suka rela menyerahkan peliharaannya kepada petugas kata Monterado.

“Akibat gencarnya pemberitaan di media tentang perlindungan satwa, akhirnya dia tahu info ini dan mau menyerahkan,” tuturnya. Di sisi lain Monterado tidak menampik banyaknya orangutan yang akhirnya ada yang ditangkap warga ini akibat pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit secara bersar-besaran.

Sehingga rumah orangutan berupa hutan belantara berubah menjadi sawit, sehingga mereka masuk ke perkampungan dan akhirnya ada yang ditangkap untuk dipelihara, tapi pada akhirnya sebagian sudah diserahkan ke petugas untuk direhabilitasi. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan