BKKBN Uji Coba Aplikasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretaris BKKBN Kalteng, Setiawati, mengatakan, pada tahun 2018 ini pihaknya akan melaksanakan ujicoba entri pada aplikasi sistem informasi keluarga (SIGA), untuk tahap awal akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya.

Sistem aplikasi SIGA dikembangkan sebagai aplikasi yang dapat mengintegrasikan aplikasi statistik rutin (pelayanan kontrasepsi, pengendalian lapangan) dan aplikasi pendataan keluarga. “Penerapan aplikasi ini sebagai upaya meningkatkan ketersediaan data dan informasi keluarga yang berkualitas dan tepat waktu,” ungkapnya, via whatsApp, Sabtu (21/4/2018).

BKKBN Kalteng telah menggelar workshop peningkatan kompetensi teknis pengelola data dan informasi program aplikasi SIGA bagi operator teknis pada Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Workshop yang digelar itu bertujuan  untuk meningkatkan kualitas anggota KKBPK disetiap daerah dalam menyajikan laporan dan data secara akurat dan tepat waktu,”ucapnya.

Terlebih untuk kedepan, arah kebijakan dan strategi KKBPK salah satunya difokuskan kepada peningkatan ketersediaan dan kualitas data serta informasi kependudukan yang memadai, baik tentang pelayanan KB, pengendalian lapangan dan pemuktahiran data keluarga Indonesia. “Selain di Palangka Raya ujicoba aplikasi SIGA akan di ujicoba juga di Kabupaten Kotawaringin Timur,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan