BKKBN Kalteng Target Canangkan 134 Kampung KB

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah, Kusnadi menyebut sejak 10 tahun terakhir ini program keluarga berencana (KB) tidak mengalami peningkatan.

Maka dari itu pemerintah melalui BKKBN dan pemerintah daerah kembali gencar menggelorakan program KB kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada pasangan usia subur. Salah satunya melalui program pencanangan kampung KB.

Khusus di Provinsi Kalimantan Tengah, tahun ini BKKBN ditarget mencanangkan 134 kampung KB yang tersebar di 13 kabupaten dan satu kota. Namun dari target ini yang sudah dicanangkan sebagai kampung KB sebanyak 115 desa atau kelurahan, sehingga masih 19 desa atau kelurahan lagi yang belum dicanangkan.

Capaian ini disampaikan Kusnadi saat paparan diacara Lokakarya Mini Kampung KB yang diadakan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (KB) (BPMP2AKB) Kota Palangka Raya di Ruang Peteng Karuhei II, Rabu (11/10/2017). 

Kusnadi menjelaskan untuk memenuhi target 134 kampung KB tersebut maka rencananya pada 16 Oktober 2017 ini akan dicanangkan kampung KB di Kabupaten Barito Timur dan Sukamara. Selanjutnya pada November 2017 giliran di Kabupaten Barito Selatan.

Dia yakin dengan dicanangkannya kampung KB ditiga kabupaten tersebut target 134 kampung KB di Kalimantan Tengah bisa direalisasikan oleh BKKBN.

Dijelaskan sampai Oktober 2017 ini total kampung KB yang sudah dicanangkan sebanyak 143 desa atau kelurahan dengan rincian pada 2016 ada 14 desa atau kelurahan dicanangkan sebagai kampung KB dan 2017 ada 115 desa atau kelurahan.

Kusnadi menuturkan pada 2017 ini secara nasional ditarget 50 persen desa tertinggal atau terpencil sudah ditetapkan sebagai kampung KB. “Program ini bukan milik BKKBN, tapi milik semua instansi lintas sektor, jadi kita harus sama-sama mensukseskannya,” tegasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan