BIG Selenggarakan Bimtek Penguatan Simpul Jaringan Informasi Geospasial

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) Universitas Palangka Raya menyelenggarkan kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Simpul Jaringan Informasi Geospasial, Rabu (13/9/2023).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 13-14 September 2023, bertempat di Gedung Laboratorium UTBK Kampus Universitas Palangka Raya.

Dalam laporannya ketua PPIDS, Nahumi Nugrahaningsih menyampaikan, ada dua hal utama yang melatarbelakangi diselenggarakannya acara ini. Yang pertama, pengelolaan dan pengembangan data spasial di lingkungan Pemprov Kalteng sebenarnya telah diinisiasis sejak lama, yaitu sekitar tahun 2018-2019 yang telah dikuatkan melalui Surat Keputusan Gubernur Kalteng. Namun dalam perkembangannya belum berjalan secara optimal.

Latar belakang yang kedua adalah terkait status simpul jaringan geospasial di Kalimantan Tengah. Sebagai informasi, status simpul jaringan geospasial (dalam hal ini adalah provinsi, kabupaten/kota dan kementerian) dapat dibagi menjadi empat tingkat kematangan/maturity level, yaitu unggul, optimal, operasional, dan berkembang.

“Bimtek ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengaktifkan kembali pengelolaan, pengembangan, dan pemanfaatan data spasial di lingkungan Pemprov Kalteng,” ungkap Nahumi Nugrahaningsih.

Dikatakannya, untuk kondisi existing, saat ini status simpul jaringan kita di provinsi adalah operasional (kuning). Sedangkan untuk simpul jaringan kabupaten kota sementara baru Kotim yang berstatus optimal (hijau), Kobar berstatus operasional (kuning), dan selebihnya berstatus berkembang (orange).

Di akhir penjelasannya Nahumi menjelaskan, salah satu faktor yang menentukan status ini adalah apakah simpul jaringan yang bersangkutan telah melaporkan data terkait kinerja simpul jaringan, misalnya terkait kebijakan yang ada dan lain-lain. Sehingga sebagai tujuan yang kedua dari bimtek ini, diharapkan nantinya ada peningkatan status simpul jaringan di lingkungan pemerintah provinsi Kalteng, dan juga di simpul jaringan kabupaten kota. (MC Kota Palangka Raya/ BambangW/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *