BI: Konsumsi Masyarakat Kalimantan Tengah Melemah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Tengah, Wuryanto bersama jajarannya mengumpulkan para wartawan di Resto Tjilik Riwut, Palangka Raya, Rabu (7/3/2018) pukul 10.00 WIB.

Sambil menikmati minuman dan kudapan, momen pertemuan bulanan ini dimanfaatkan Wuryanto untuk menyampaikan perkembangan perekonomian Kalimantan Tengah periode Februari 2018.

Rupanya kondisi perekonomian Kalimantan Tengah selama Februari 2018 kurang menggembirakan. Kondisi ini bisa dilihat dari tingkat konsumsi masyarakat terjadi pelemahan atau penurunan.

Kondisi makro ini tercermin dari adanya penurunan indeks keyakinan konsumen (IKK) masyarakat Kalimantan Tengah. IKK Februari 2018 menurun dari 108,60 menjadi 101,17.

Positifnya, melemahnya konsumsi masyarakat Kalimantan Tengah periode Februari 2018 ini bisa menahan laju inflasi pada level cukup terkendali 0,08 persen.

Wuryanto menuturkan meski ada sinyal pelemahan konsumsi masyarakat, namun pada Februari 2018 terjadi sedikit peningkatan jumlah perputaran uang melalui Kantor Perwakilan BI Kalimantan Tengah.

“Tercatat selama Februari 2018 arus perputaran uang di Provinsi Kalimantan Tengah mencapai Rp959,59 miliar atau meningkat 16,21 persen,” tandasnya.

Faktor melemahnya konsumsi masyarakat Kalimantan Tengah ini rupanya dipicu sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan dan menciptakan lapangan usaha. (MC. Iseng Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan