Bersinergi Bangun Kepedulian Terhadap Lansia

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya akan terus berupaya mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan.

“Selain itu pemko juga berkomitmen melakukan transformasi dalam bidang kesehatan. Salah satunya dengan memperhatikan kesehatan masyarakat. Terutama mereka yang berada pada kategori lanjut usia atau lansia,” ungkap Umi, Rabu (4/1/2023).

Dikatakan, salah satu upaya efektif dalam memberdayakan warga lansia, maka diperlukan langkah bersama maupun bersinergi .

”Terutama memperhatikan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan untuk lansia, karena di usia lansia rentan sekali terhadap penyakit,” ucap Umi.

Perlu diketahui lanjutnya, penurunan fisik yang selalu terjadi pada lansia adalah penurunan sistem tubuh, motorik, dan sebagainya. Sehingga bisa berpengaruh terhadap kemampuan lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, serta mempengaruhi status kesehatannya.

Lebih jauh Umi yang juga merupakan Ketua Komda lansia ini mengatakan,
peningkatan pelayanan kesehatan terhadap lansia diperlukan untuk mewujudkan lansia yang sehat berkualitas, dan produktif di masa tua.

“Pemko Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga lansia. Salah satunya melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), guna memberikan kualitas pelayanan yang prima terhadap lansia, serta persediaan obat-obatan yang tercukupi,” tambahnya.

Diungkapkan, pelayanan kesehatan kepada para lansia ini tidak hanya memberikan pelayanan pada upaya kuratif, melainkan menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif.

“Dengan adanya berbagai pelayanan kesehatan tersebut diharap dapat meningkatkan kualitas hidup lansia, sehingga para lansia bisa menikmati hidupnya dengan bahagia dan sehat,” pungkas Umi. (MC. Kota Palangka Raya.1/nd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan