Bendera Sepanjang 320 Meter Terbentang di Jembatan Kahayan Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Polres Palangka Raya didukung Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, menggelar pembentangan bendera merah putih di sepanjang Jembatan Kahayan Palangka Raya, Senin (13/8/2018).

Pembentangan bendera merah putih dengan panjang 320 meter lebih tersebut, tidak lain untuk memaknai sekaligus memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Negara Republik Indonesia ke 73.

Acara pembentangan bendera merah putih tersebut, selain dihadiri secara langsung Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar., Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. Istimewanya acara tersebut juga dihadiri  Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko bersama dengan  Brigjen Pol Gatot Subroto dari wasrik Itwil II Itwasum Polri, serta unsur Forkopimda Kalteng dan Kota Palangka Raya.

Sebelum dilakukannya pembentangan bendera tersebut, acara terlebih dahulu dirangkai dengan kegiatan panggung suara kebangsaan dengan tajuk Bentang Merah Putih 2018 yang digelar pihak Kesbangpol Kota Palangka Raya, di Taman Pasuk Kameloh, Jalan S Parman.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar mengatakan, pembentangan bendera merah putih memiliki arti penting dalam membangun semangat nasionalisme.

“Bendera merah putih menjadi simbol pemersatu bangsa, jadi bukan hanya semboyan namun telah menjadi kekayaan hakiki bangsa. Karena itu kita harus terus menjaga dan mempertahankannya,” tegasnya.

Sementara itu Walikota Palangka Raya HM Riban Satia menyampaikan apresiasi kegiatan bentang bendera tersebut. Dimana menurutnya,  bendera merah putih merupakan sarana pemersatu, identitas dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan.

“Sang merah putih merupakan manifestasi kebudayaan berakar dari perjuangan bangsa, kesatuan dan keberagaman untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Maka itu merah putih harus menjadi inspirasi kita dalam mempertebal semangat kebangsaan,” tuturnya.

Adapun pada acara tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirena menandai dibentangkannya bendera merah putih di sepanjang Jembatan Kahayan, yang dilakukan bersama oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko Brigjen Pol Gatot Subroto, Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar, Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto serta salah seorang putri dari Tjilik Riwut, pahlawan nasional asal Kalteng. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan