Bantuan Manajemen Bagi Penyehatan PDAM Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Bidang Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), menyelenggarakan workshop bantuan manajemen dalam rangka penyehatan PDAM Wilayah I. 

Kegiatan dihadiri Plt Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mewakili Walikota Palangka Raya HM Riban Satia serta para nara sumber dari Kementrian PUPR , Kamis (13/9). di ruang Peteng Karuhei (PK) I, kantor walikota Palangka Raya.

Dalam laporannya ketua panitia pelaksana workshop, Kasiyan  mengatakan, bila berdasarkan Perpres nomor 90 tahun 2016 tentang BPPSPAM, disebutkan  bahwa BPPSPAM melaksanakan kegiatan peningkatan kinerja PDAM. 

Sejalan dengan itu kata Kasiyan, BPPSPAM perlu melakukan fasilitas pendampingan terhadap PDAM dalam pelaksanaan penyehatan PDAM, seperti halnya kegiatan bantuan manajemen, dimana untuk kegiatan bagi PDAM Kota Palangka Raya sudah 5 bulan dilaksanakan.

“Hari ini baru kita dapat melaksanakan workshop kegiatan bagi PDAM Kota Palangka Raya bersama Kementrian PUPR dan jajaran Pemko Palangka Raya,” ucapnya. Kasiyan yang juga meruapakan pendamping PDAM Kota Palangka Raya.

Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mengatakan, pemerintah pusat telah mencanangkan setiap daerah harus bisa mencapai target 100 persen air bersih. Hanya saja untuk Palangka Raya agar dapat mencapai target itu memerlukan dana yang cukup besar.

“Ini yang berat, maka itu Pemko Palangka Raya selama ini mendorong setiap perusahaan swasta bisa bekerja sama dengan PDAM,” cetusnya.

Adapun terkait dengan bantuan manajemen ini kata Murni, untuk penyehatan PDAM meliputi optimalisasi pendapatan dan penerimaan dengan pengembangan sistem  billing payment secara online pada tahun 2019, pelaksanaan pengadaan meter induk, pengadaan alat deteksi kebocoran, tutup Murni. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan