Banjir, Jalan Palangka Raya-Barito Selatan Lumpuh Total

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Jalan darat yang menghubungkan Kota Palangka Raya-Kabupaten Pulang Pisau – Kabupaten Gunung Mas dan tiga kabupaten di DAS Barito lumpuh total, Jumat (4/5/2018).

Gara-garanya badan jalan sepanjang sekitar 1,5 kilo di wilayah Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau terendam air antara 40 centi meter hingga 50 centi meter.

Dampak banjir tahunan akibat meluapnya air Sungai Kahayan ini membuat antrean kendaraan hingga mencapai dua kilo meter dari arah Palangka Raya maupun sebaliknya.

Para pengendara harus berjalan merayap sambil dipandu oleh para warga dan aparat kepolisian. Sementara itu bagi pengendara sepeda motor yang tidak ingin mogok harus lewat ‘tol sungai’ dengan naik jasa angkutan feri dengan menyusuri parit yang ada di samping jalan.

Untuk kendaraan roda empat butuh waktu sekitar dua jam baru bisa melewati jalan yang tergenang ini. Namun untuk bisa lolos ‘terjebak’ dalam banjir ini ada saja sebagian kendaraan yang hampir saja terperosok dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Seperti yang dialami sebuah truk berplat DA 8518 MM. Truk muatan kayu olahan ini hampir saja tidak bisa meneruskan perjalanan menuju ke Palangka Raya, karena ban kiri belakang terperosok ke dalam lubang, sehingga tidak bisa naik.

Untungnya ada bantuan. Setelah ditarik oleh truk tangki BBM, truk DA 8518 ini akhirnya bisa melanjutkan perjalanan dan jalur transportasi bisa berjalan normal lagi, meski harus merayap. 

Diketahui, terputusnya jalur Palangka Raya-Kabupaten Barito Selatan ini sudah berlangsung sekitar seminggu. Awalnya ketinggian air mencapai 50 centi meter lebih dan saat ini ketinggian air mulai surut. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan