Bangun Pelayanan Publik Melalui “One Year One Inovation”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, mengungkapkan pentingnya upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

“Dengan pelayanan yang lebih transparan dan akuntabilitas, menjadi kunci utama keberhasilan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Fairid, saat berbicara pada kegiatan Indonesian Association for Public Administration (IAPA) Annual Conference di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Kamis (11/10/2018).

Kata Fairid, untuk pemerintah kota Palangka Raya saat ini, maka soal pelayanan publik kepada masyarakat menjadi salah satu fokus perhatian dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

“Maka itu pelayanan publik menjadi bagian dari visi dan misi kami memimpin Kota Palangka Raya,” sebutnya dihadapan peserta IAPA Annual Conference.

Lanjut dikatakan Fairid, saat ini terus berkembang isu-isu strategis yang berpengaruh pula pada konteks pelayanan publik. Terlebih peran era digital serta online, yang membuat pelayanan terpaksa harus menyesuaikan dengan kemajuan tersebut.

Hanya saja disayangkan, pelayanan yang dilakukan dengan mengikuti era kekinian tersebut, tidak sedikit membuat pelayanan menjadi tidak optimal dilaksanakan.

“Maka itu saya ingin pelayanan publik juga menganut sistem ‘one year one inovation’. Artinya tidaklah perlu banyak-banyak mengeluarkan inovasi kalau hasilnya tidak optimal. Namun sebaiknya mengedepankan inovasi yang dirasa sangat efektif namun tetap mengutamakan transparansi  dan akuntabilitas,” cetusnya.

Dalam bagian lain Fairid berharap kepada pihak-pihak terkait, terutama kalangan akademisi maupun praktisi  yang bergelut dalam keilmuan ataupun menguasai studi tentang administrasi negara maupun  yang menyentuh dengan disiplin ilmu pengetahuan tentang pelayanan, maka bisa memberikan kontribusi terhadap tata kelola pelayanan bagi pemerintahan. 

“Saya berharap ilmu yang terkait dengan pelayanan publik ini bisa ditularkan bagi instansi pemerintah kota Palangka Raya,” pintanya.

Kedepan tambah Fairid, pelayanan publik bisa menjadi dasar dari terciptanya tata kelola pemerintahan yang lebih baik lagi dimata masyarakat. Pihaknya pun kata dia akan berupaya memaksimalkan lagi beragam pelayanan yang bermuara akhir pada kesejahteraan masyarakat. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *