Balai Bahasa Lakukan Kajian Literasi di SMAN 5 Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kebijakan pemerintah untuk menguatkan pendidikan karakter adalah dengan ditetapkannya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. 

Kebijakan ini lalu diperkuat melalui Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Penguatan literasi melalui gerakan literasi nasional pun menjadi bagian dari penguatan pendidikan karakter. 

Berkenaan dengan itu Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan Kajian Teknis Pendukung Literasi Nasional. 

Kegiatan ini diawali dengan pengumpulan data yang dilakukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud ke Balai Bahasa Kalimantan Tengah dan beberapa sekolah di Kota Palangka Raya dipilih menjadi sasaran kajian. 

SMAN 5 Palangka Raya merupakan salah satu sekolah yang dipilih dalam kegiatan kajian literasi yang dilakukan Balai Bahasa Kalimantan Tengah. 

Tim peneliti Balai Bahasa Kalteng, Elis Setiati, M.Hum dan R Budhiono, hadir langsung ke sekolah. Menurut Elis, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mengkaji upaya sekolah untuk menumbuhkan dan menguatkan budaya literasi kepada seluruh warga sekolah, terutama para siswa.

Jadi sekolah yang dipilih oleh Kemendikbud ini mendapat kesempatan awal untuk mengintrospeksi dan mengevaluasi diri terhadap upaya menguatkan literasi. 

Ada 30 siswa juga berkesempatan mencoba kemampuan tanggap literasi dengan menyelesaikan soal melalui komputer. Soal-soal didominasi berbasis teks, siswa tidak hanya memilih, tapi juga menguraikan alasan secara tertulis yang juga berbasis komputer. 

“Ini bukan ujian, namun ini bisa menjadi pengalaman buat kalian yang berharga. Mudah-mudahan ini dapat semakin memotivasi kalian untuk lebih literat,” tutur Elis, Senin (7/5/2018).

Para guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilibatkan dalam kegiatan ini. Mereka mengisi instrumen yang berkaitan dengan tugas sebagai pendidik dan pemahamannya terhadap mata pelajaran yang diampunya.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Arbusin melalui Wakasek Humas dan Publikasi, Lukman Juhara memberikan apresiasi atas terpilihnya sekolah ini dalam kajian literasi. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan